Rabu, 18 April 2012

Kecil Tapi Berarti Besar


      Go Green. Kata itu bukan lagi kata yang asing di telinga setiap orang. Go Green itu kalau kita artikan ke dalam Bahasa Inggris satu-persatu artinya “Pergi Hijau” aneh yah? Tapi yang gua tahu ya, Go Green itu adalah tindakan untuk menyelamatkan bumi dari Global Warming yang disebabkan karena ulah kita sendiri.

       Banyak banget hal yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan bumi kita tercinta ini. Mulai dari hal yang terkecil sampai dengan hal yang terbesar. Semua orang yang ada di bumi ini harus berperan aktif dalam aksi Go Green ini tanpa terkecuali.

       Hal yang terkecil yang bisa kita lakukan adalah membuang sampah pada tempatnya. Gua tau, kalian pasti menganggap enteng tentang buang sampah pada tempatnya. Tapi, di dalam sesuatu yang terkecil ini pasti bisa menyebabkan sesuatu yang besar. Gua selalu diajarkan “mulailah dari yang terkecil”. Termasuk aksi gua buat menyelamatkan bumi.


       Coba kita bayangkan, andai semua orang yang ada di bumi ini bisa membuang sampah pada tempatnya pasti bumi ini akan nyaman, bersih, bebas dari sampah. Engga ada deh yang namanya sampah berserakan, sungai yang penuh dengan sampah pun pasti musnah dan yang terpenting engga ada lagi amanat dari Pembina Upacara Bendera hari senin tentang kebersihan dan sampah yang berserakan dikelas yang sengaja dibuang tidak pada tempatnya ya lebih tepatnya kolong meja. Engga tau kenapa buang sampah di kolong meja itu jadi sesuatu kebiasaan buat pelajar.

       Gua engga ngerti kenapa membuang sampah pada tempatnya rasanya sangat susah bagi orang-orang yang biasa membuang sampah sembarang. Teman gua yah, yang engga akan gua sebutin namanya. Susah banget buang sampah ke tempat sampah padahal tempat sampah itu engga jauh dari dia, ya sekitar 1 meter lah. Engga jauh kan? Tapi dia malah membuangnya di dekat di mana dia duduk. Dia sih bilangnya sampahnya bakal di buang sambil dia pergi gitu. Tapi apa? Dia malah pergi dan lupa kalau ada kewajiban yang harus dia kerjakan yaitu membuang sampah bekas makannya itu.

       Kenapa gua bilang buang sampah itu kewajiban?. Kalian pasti tau apa arti dari kata wajib, dikerjakan mendapat pahala dan ditinggalkan mendapat dosa. Ya ! Kalau kita lupa buang sampah sembarangan artinya kita akan mendapatkan sesuatu yang merugikan seperti ya ini Global Warming. Tapi, kalau kita membuangnya pada tempatnya pasti kita kan merasa nyaman tanpa adanya sampah yang berserakan. Benar?

       Gua sering ketemu sama orang yang buang sampah sembarang. Kalau kita tegur pasti dia bilang “baru sekali kok buang sampah nya disini, biasanya juga engga”. Tapi pernah engga sih kalian membayangkan andaikan seluruh manusia yang ada di bumi ini mengatakan hal yang sama seperti  demikian maka sampah yang berserakanpun akan banyak. Gua sih engga bisa membayangkan. Sereeeemm abiss pastinya.

       Gua sih saranin buat temen-temen yang suka buang sampah sembarang, mulai sekarang jangan lagi deh, akibatnya bukan sekarang tapi nanti buat anak, cucu, dan cicit kita. Banyak banget yang bisa dilakukan dari yang terkecil yang mengakibatkan sesuatu yang besar. Seperti buang sampah ini. Kan buang sampah itu adalah hal yang sangat sangat positif dan menguntungkan. Betul tidak? Hal yang positif gua yakin hasilnya positif dan yang sebaliknya hal yang negative pasti hasilnya negative.

       Dan satu lagi kalau nemuin sampah dimana pun kamu berada ambil dan buang pada tempatnya. Sebelum nemu tempat sampah jangan deh buang di tengah jalan, kan bisa pegang atau masukkan ke kantong plastic sampai kita nemuin tempat sampah. Jangan lupa pisahkan antara sampah organik dan non-organik. Sayangi bumi kita ! Ini aksi kecil ku, apa aksimu?

Terima Kasih 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar